Berita Ciamis Jawa Barat : Pabrik Kayu Meledak, 8 Orang Jadi Korban

Berita Ciamis Jawa Barat : Pabrik Kayu Meledak, 8 Orang Jadi Korban

Sabtu (21/07), konten writer kembali di gegerkan Berita Ciamis Jawa Barat terbaru yaitu 8 orang menjadi korban pada saat insiden meledaknya pabrik kayu PT KBN Ciamis.

Sebenarnya, pihak dari Pusadalops PB BPBD Ciamis juga sudah menyebutkan bahwa kebakaran seperti ini sudah terjadi untuk ketiga kalinya. PB BPBD juga sudah memperingatkan pihak PT KBN Ciamis harus lebih memperhatikan hal tersebut, namun insiden kembali terjadi kemarin pukul 20.30.

Api menjalar ke seluruh bangunan dan sebagian besar baru bisa dipadamkan pada pukul 01.52 WIB. Pada saat pemadaman, bencana kebakaran tersebut menyebabkan duka bagi beberapa petugas DAMKAR Ciamis.

Dua korban luka bakar yang cukup parah merupakan tokoh kawak’an yang lama bergelut di dunia penanggulangan bencana di Kabupaten Ciamis.

Erik Risnandar dan Dian Rahayu, dua sosok tersebut merupakan anggota dari PPBD (Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana) BPBD Kabupaten Ciamis. Mereka berdua sudah bertahun-tahun bergelut di dunia penanggulangan bencana, termasuk kebakaran.

Ketua SAR Jeram Seribu, Yayan Herdiana, yang juga merupakan anggota Pusdalops PB BPBD Ciamis, mengatakan bahwa :

“Kecelakaan yang terjadi kali ini menjadi yang terparah dan menyebabkan kecelakaan yang cukup menyedihkan. Kami beberapa kali sudah menolong dan mengevakuasi program, dan memadamkan bencana seperti ini tanpa terjadi kecelakaan kerja sebelumnya. Dari insiden ini, kami mengerti betapa pentingnya APD (Alat Pelindung Diri) untuk kebakaran sangat diperlukan”.

Ani Supiani, ST, M.Si, Kbid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis juga ikut menyampaikan bahwa :

“Dua diantara 8 korban adalah Satuan Tugas Pusdalops yang bernama Erik Risnandar dan Din Rahayu. Sementara sisa korban lainnya berasal dari karyawan PT KBN”.

Ani kembali menjelaskan bahwa tiga korban atas nama Hilman dan Arif (karyawan PT KBN) mengalami luka bakar yang cukup serius dan langsung dilarikan ke RS Margono Banyumas. Sedangkan Satgas Pusdalops, Erik Risnandar, yang juga mengalami luka bakar serius dilarikan ke RSHS Bandung. Sementara itu, korban lainnya ditangani oleh RSUD Ciamis.